Cerita Dibalik Kemenangan NEVO (Ners Voice) dalam Ajang Bergengsi Airlangga Got Talent

NERS NEWS - Paduan suara Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga atau yang biasa disebut NEVO (Ners Voice) lolos pada ajang bergengsi Airlangga Got Talent yang diadakan oleh paduan suara Universitas Airlangga pada 14 Mei 2016. Meskipun NEVO baru dibentuk 7 tahun yang lalu, namun mereka membuktikan kalau mereka memliki kualitas yang tidak kalah dengan paduan suara yang telah dibentuk jauh lebih lama. Pada ajang bergengsi tersebut, NEVO mengalahkan paduan suara fakultas-fakultas yang ada di UNAIR. Dengan jangka waktu yang hanya 1 minggu dari hari H, mereka berfikir tidak akan lolos dalam ajang tersebut sehingga mereka memutuskan untuk tidak mengikuti ajang tersebut. Namun, pembimbing BEM FKp yang menaungi NEVO Pak Deni tidak setuju dengan keputusan yang diambil NEVO. Kita mengikuti acara tersebut untuk mengetahui di luar sana itu seperti apa sehingga dapat mengembangkan kemampuan kita. Kita harus mengikuti acara tersebut, meskipun kita datang bukan sebagai pemenang, ujar Pak Deni. Dengan adanya dorongan yang kuat dari pembimbing BEM FKp Unair, akhirnya NEVO memutuskan untuk mengikuti Airlangga Got Talent.


Dalam jangka waktu yang hanya satu minggu, NEVO mengintensifkan jadwal latihannya menjadi setiap hari selama 3 jam. Sebelum itu, untuk mendapatkan suara yang cocok dengan lagu yang akan dibawakan, NEVO mengadakan seleksi terlebih dahulu untuk semua anggotanya. Alhasil 12 orang yang akan mengikuti audisi Airlangga Got Talent. Ke-12 orang ini akan digembleng selama 1 minggu untuk berlatih menyanyikan lagu lagu yang dibawakan Tana Wolio dan Cinta oleh Vina Panduwinata. Dengan bantuan pak Yulius dan optimis para anggota NEVO serta dukungan dari pembimbing BEM, NEVO pulang sebagai pemenang. Kelolosan ini membuat nama NEVO menjadi perhatian PSUA, karena NEVO yang akan mewakili Universitas Airlangga dan bersaing melawan 24 paduan suara dari universitas di Jawa Timur.  Beruntung kali ini UNAIR menjadi tuan rumah lomba paduan suara se-Jawa Timur, tinggal selangkah lagi NEVO menuju ke Peksiminas di Haluoleo Kendari untuk mewakili Jawa Timur apabila menang melawan 24 paduan suara se-Jawa Timur, tutur Mila salah satu anggota NEVO. Paduan suara yang dibentuk sejak tahun 2009 ini pernah meraih juara 1 vocal group Nurs Time Unpad pada akhir tahun 2015. Selain itu, NEVO sering diundang untuk mengisi acara-acara seminar nasional maupun international. Dengan mewakili Unair dalam kompetisi paduan suara se-Jawa Timur, nama NEVO akan semakin dikenal dan semakin banyak tawaran untuk tampil di acara-acara seminar. Ini merupakan salah satu harapan kami, kata salah satu anggota NEVO. Kini NEVO tengah mempersiapkan diri untuk melawan 24 paduan suara se-Jawa Timur pada tanggal 20 Mei 2016. Dengan latihan secara rutin dan bersungguh-sungguh, NEVO akan menampilkan sesuatu yang baru dengan konsep yang baru pula, kata Mila disela-sela latihan. Paduan suara Unair juga berharap NEVO bisa pulang sebagai pemenang di kompetisi paduan suara se-Jawa Timur.


NEVO bisa dikatakan jauh lebih muda dibandingkan dengan paduan suara Unair yang sudah dibentuk sejak lama. Bahkan dari segi prestasi, paduan suara Unair jauh lebih unggul dan banyak meraih juara baik nasional maupun internasional. Belajar dari paduan suara Unair yang lebih senior dan lebih unggul, NEVO akan bekerja keras dan giat berlatih untuk menunjukkan kemampuannya sebagai vocal group yang akan mengharumkan Universitas Airlangga.

 

Penulis: Eka Fitriyah Rohmah

Pin It
Hits 490

Terpopuler