Kemeriahan International Nurses Day di FKp Unair

NERS NEWS - International Nurses Day (IND) merupakan hari perayaan untuk memperingati para perawat sedunia dan kontribusinya terhadap pelayanan kesehatan masyarakat. Sejak tahun 1965 Dewan Perawat Internasional (ICN) telah merayakannya. Namun pemilihan tanggal 12 mei sebagai perayaan IND baru ditetapkan pada tahun 1974 yang diambil dari kelahiran perawat pertama kali yaitu Florence Nightingale yang biasa dikenal dengan nama The Lady With The Lamp yang berarti sang wanita dengan lampu. Setiap tahunnya IND telah diperingati oleh perawat sedunia tetapi tidak hanya perawat saja, seluruh mahasiswa keperawatan sebagai calon perawat juga ikut merayakan IND termasuk mahasiswa Fakultas Keperawatan (FKp) Universitas Airlangga. Mereka juga merayakan IND setiap tahunnya yang semakin meriah dengan berbagai penampilan dari mahasiswa FKp itu sendiri. Mahasiswa FKp sangat hyperaktif dalam perayaaan  IND ini  untuk memperingati  konstribusi perawat terhadap pelayanan kesehatan.  

 

Pada hari kamis, 12 mei 2016 Mahasiswa Fakultas Keperawatan (FKp) Universitas Airlangga menunjukkan bakatnya untuk berpartisipasi dalam memperingati international nurses day di halaman Fakultas Keperawatan. BEM FKp unair mewajibkan kepada  seluruh ormawa untuk menampilkan suatu pentas dalam memeriahkan acara IND 2016 dan mahasiswa FKp sangat antusias ketika menampilkan bakat-bakatnya yang terpapar di acara ini. Seluruh warga FKp telah memeriahkan acara international nurses day 2016 walaupun sebelumnya penampilan yang ditampilkan oleh mahasiswa FKp ini tidak direncanakan dan hanya latihan beberapa hari saja tetapi akhirnya mereka dapat menampilkannya dengan baik. Dalam perayaan international nurses day di FKp unair ini terdapat lomba photo challenge bagi seluruh mahasiswa fkp unair sebagai bentuk semangat mahasiswa untuk memeriahkan acaranya. Ketetuannya dalam lomba photo challenge ini adalah mahasiswa harus memakai dresscode hitam atau merah dengan background international nurses day yang telah disediakan, foto yang paling menarik akan mendapatkan hadiah dari panitia penyelenggara acara IND 2016. Banyak yang mengikuti lomba photo challenge ini mungkin karena  Mahasiswa sekarang yang suka foto selfie  jadi dapat memanfaatkan lomba ini sebagai ajang kompetensi.


Perayaan IND di FKp Unair ini diawali dengan pembagian kupon bagi 200 mahasiswa yang datang  pertama akan mendapatkan ice cream. Hal ini yang memicu mahasiswa untuk datang lebih awal dalam merayakan IND tahun ini bahkan acara belum di mulai mahasiswa sudah antri menukar kupon dengan ice cream dan menikmati acaranya. Tampaknya mahasiswa sangat senang dalam perayaan IND tahun 2016 ini karena banyak hiburan yang menghilangkan penatnya tugas-tugas kuliah. Banyak ormawa yang menampilkan suatu pentas dalam merayakan IND ini salah satunya adalah SKINers BEM FKp Unair. Di dalam ormawa SKINers terdapat kegiatan yang dinamakan VJr  (Voice Jamaah Rufaidah), kegiatan ini seperti qosidah dan banjari. Karena acaranya yang mendadak, akhirnya SKINers menampilkan banjari ini dari grup Vjr dan Alhamdulillah penampilannya sangat bagus meskipun kurang persiapan yang maksimal. BEM FKp unair juga menampilkan banyak pentas yang sangat menarik seperti musikalisasi puisi dan drama musical. Pembacaan puisinya sangat menyentuh hati dengan di iringi musik yang di nyanyikan langsung oleh saudari nyuasti genta yang suaranya sangat merdu menambah lantuna puisi semakin indah. Adapun drama musical yang dibuat dengan tema caring dimana seorang perawat harus memiliki sikap caring terhadap pasiennya. Pastinya acara IND tahun ini semakin meriah dan tak akan dilupakan bagi mahasiswa FKp Unair.

 

Sebelum acara ini berakhir, terdapat pengumuman photo challenge yang telah di selenggarakan sehari sebelum hari perayaan IND. Pemenang yang dipilih adalah yang sesuai ketentuan yaitu memakai dresscode hitam atau merah dengan background international nurses day. Karena foto yang terbagus dan sesuai ketentuan hanya ada satu, akhirnya pemenang photo challenge dimenangkan oleh cowok-cowok ganteng  FKp yang di wakili oleh saudara Arvian. Setelah pengumuman lomba ini adalah detik-detik berakhinya acara IND tahun 2016. Acara IND 2016 diakhiri dengan adanya pesta lampion yang merupakan puncak dari acara ini.. Dalam kegelapan dan pancaran sinar warna-warni lampion disertai nyanyian yang merdu membuat mahasiswa FKp semakin humoris menikmatinya. Sayangnya Pesta lampion ini tidak dapat terbang diangkasa karena cuaca yang tidak mendukung dan tak ada angin yang datang untuk menerbangkannya. Pada akhirnya pancaran sinar lampion ini dimatikan dengan hembusan nafas sebagai tanda berakhirnya acara International Nurses Day 2016.

Penulis: Ima Matul Khoiriyah

Pin It
Hits 707

Terpopuler